Teks Puisi 3.7 Pertemuan Daring 1

Selain dalam bentuk prosa (eksposisi), gagasan dapat diungkapkan dalam bentuk puisi.

Bahkan gagasan yang puitis itulah yang sering kamu simak sehari – hari, misalnya melalui

lagu – lagu. Syair – syair lagu memang banyak yang berupa puisi. Isinya padat makna dan

Disusun dengan nada – nada yang indah.

1. Pengertian Puisi

Teks tersebut  puisi. Puisi  yaitu teks atau karangan  yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata – kata. Puisi mengungkapkan berbagai hal. Kerinduan, kegelisahan, atau pengagungan kepada sang Khalik yang kamu ungkapkan daam bahasa indah. Hanya saja kamu jarang menyadarinya bahwa itu adalah puisi.

Jika hendak mengagungkan keindahan alam , kamu dapat menggunakan pilihan kata yang khas. Kata – kata itu kamu pilih sehingga dapat mewakili dan memancarkan keindahan alam yag kamu kagumi itu

2. Unsur – Unsur Puisi

 Sebagai sebuah teks,  puisi memiliki unsur – unsur sebagai berikut:

a. Majas dan Irama

1) Majas adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak / pembacanya.

2) Irama ( musikalitas) adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang – ulang

b. Penggunaan  Kata – kata Konotasi

Kata konotasi  adalah kata  yang bermakna tidak sebenarnya. Kata itu telah mengalami penambahan – penambahan , baik itu berdasarkan pengalaman, kesan, maupun imajinasi, dan perasaan penyair.

Kata – kata dalam puisi memang banyak menggunakan kata – kata yang bermakna konotatif. Kata – kata itu merupakan suatu  perbandingan.

C. Kata – kata berlambang

Lambang atau simbol adalah sesuatu seperti gambar, tanda , ataupun kata yang menyatakan maksud tertentu. Misalnya rantai dan padi kapas dalam gambar Garuda Pancasila. Tunas kelapa  sebagai lambang Pramuka. Lambang – lambang itu menyatakan arti tertentu yang bisa dipahami umum.  

D. Pengimajinasian  dalam puisi

Pengimajinasian adalah kata / susunan kata yang menimbulkan khayalan / imajinasi. Dengan daya imajinasi tersebut, pembaca seolah – olah merasa, mendengar, atau melihat sesuatu yang diungkapkan penyair.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *