Teks Persuasi 3.14 Pertemuan Daring 5 ( Struktur & Kebahasaan Teks Persuasi)

5.Struktur  teks persuasi  berkaitan pancake cemilan sehat ( pengolahan bahan pangan serelia)

Struktur  teks persuasi adalah sebagai berikut,

  • Pengenalan isu, yakni berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
  • Rangkaian argumen, yakni  berupa sejumlah pendapat  penulis / pembaca   terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya,  pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen- argumennya itu.
  • Pernyataan ajakan, yakni  sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca / pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Pernyataan itu mungkin disampaikan secara tersurat / tersirat. Adapun kehadiran argumen berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan – ajakan itu.
  • Penegasan kembali atas pernyataan – pernyataan sebelumnya, yang biasanya ditandai oleh ungkapan – ungkapan seperti demikianlah, oleh karena itulah.

6. Kebahasaan teks persuasi  berkaitan pancake cemilan sehat ( pengolahan bahan pangan serelia)

Kaidah kebahasaan teks persuasi adalah

  • Terdapatnya  pernyataan – pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, bujukan, dan sejenisnya. Pernyataan berupa bujukan ditandai dengan menggunakan kata penting, harus, sepantasnya, dan kata kerja imperatif  jadikanlah, jangan, sebaiknya, hendaknya,  waspadalah.

Contohnya. Padahal , itu penting sekali buat kita ketahui supaya  tidak terjerumus ke jalan yang salah.

  • Menggunakan kata – kata teknis atau peristilahan yang berkenan dengan topik yang dibahas. Berkaitan dengan permasalahan remaja, digunakan kata – kata yang relevan dengan masalah itu, seperti teknologi internet, reproduksi, aborsi.
  • Menggunakan kata – kata penghubung yang argumentatif. Misalnya jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.
  • Menggunakan kata kerja mental, seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan , mengagumkan, menduga,      berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.
  • Menggunakan kata – kata perunjukan, seperti berdasarkan data…, merujuk pada pendapat….

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *