Teks Persuasi 3.14 Pertemuan Daring 3 ( Ciri – ciri & Jenis – jenis)

3. Ciri – ciri   teks persuasi  berkaitan pancake cemilan sehat ( pengolahan bahan pangan serelia)

Ciri – ciri teks persuasi adalah,

  • Berisi Data dan Fakta

Ciri – ciri teks persuasi yang pertama adalah berisi data & fakta. Seperti diketahui , tujuan utama dari teks   persuasi adalah untuk memengaruhi pembaca. Jadi, data  & fakta tersebut sangat penting perannya sebagai alasan – alasan yang kuat dalam mendukung isi dari tulisan.

  • Argumen Harus Menyakinkan Pembaca

Satu di antara  tujuan dari teks persuasi adalah untuk menyakinkan pembaca. Teks ini berusaha menyakinkan pembacanya untuk melakukan atau memercayai yang ditulis oleh penulis.

Oleh karena itu, tulisan ini biasanya menggunakan kata – kata penghubung yang argumentatif (jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu).

  • Berisi Kata – Kata Bujukan

Pengertian teks persuasi adalah sebuah teks yang bersifat membujuk, tentunya isinya juga adalah kata –kata ajakan. Teks ini banyak menggunakan kata – kata dan kata kerja imperatif, seperti ayo , mari , lakukanlah, penting, harus, sepantasnya, jadikanlah, hendaknya, waspadalah, dan lain –lain.

  • Menghindari Konflik

Teks persuasi memiliki ciri – ciri lainnya, yaitu menghindari konflik. Hal ini biasanya             dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan pembaca. Pendapat atau fakta digunakan dalam teks persuasi bertujuan  untuk memengaruhi pembaca  supaya mengikuti ajakan – ajakannya.

4. Jenis – jenis ajakan teks persuasi  berkaitan pancake cemilan sehat ( pengolahan bahan pangan serelia).

Di dalam pelajaran sebelumnya telah kalian ketahui bahwa teks persuasi ditandai dengan kehadiran ajakan. Adapun ajakan adalah kata – kata atau perbuatan untuk mengajak. Ajakan dapat pula berarti anjuran, imbauan, dorongan untuk melakukan sesuatu. Ajakan ditandai dengan kata – kata harus, hendaknya, sebaiknya, usahakanlah, jangan, hindarilah, dan sebagainya.

Disamping itu, tidak sedikit pula teks persuasi yang menyampaikan ajakan itu secara tersurat.  Walaupun tidak dinyatakan secara langsung, pembaca tetap akan memahami bahwa teks itu berisi suatu ajakan atau bujukan agar pembacanya itu berbuat sesuatu sesuai dengan harapan penulisnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *