Teks Persuasi 3.14 Pertemuan Daring 1 (Contoh & Pengertian)

  1. Contoh teks persuasi  berkaitan pancake cemilan sehat ( pengolahan bahan pangan serelia)

Murid – murid dalam pembelajaran kali ini, kita akan mempelajari satu teks yang merupakan rangkaian dari projek besar pelajaran kelas VIII bulan Maret ini mengenai pancake cemilan sehat ( pengolhan bahan pangan serelia).

Berikut ini merupakan contoh teks yang akan kita pelajari, silakan dibaca dengan cermat dan perhatikan.

Terlambat datang ke sekolah atau harus buru – buru berangkat ke kantor adalah beberapa alasan yang menyebabkan orang – orang sering melewatkan sarapan di waktu pagi.  Padahal hal itu justru sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

 Jika tubuh tidak diberi asupan makanan di waktu pagi, maka tubuh akan kekurangan tenaga untuk beraktivitas sehari – hari. Jika hal itu dibiarkan terus, bukan tak mungkin tubuh bakal mudah lelah saat beraktivitas di pagi hari, dan pekerjaan pun tidak akan bisa dikerjakan secara maksimal. Oleh karenanya, sarapan pagi sangatlah wajib hukumnya. Adapun asupan makanan yang mesti disantap saat sarapan adalah makanan – makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah, sayur, maupun bubur gandum.

Porsi makanan saat sarapan pun juga tak mesti banyak, yang penting bisa mengenyangkan perut dan menambah tenaga di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh pun akan menjadi kuat maupun sehat. Maka dari itu, sekali lagi dikatakan, bahwa sarapan sebelum beraktivitas adalah wajib hukumnya.

2. Pengertian  teks persuasi  berkaitan pancake cemilan sehat ( pengolahan bahan pangan serelia)

Pernahkah kamu terbujuk atau membujuk orang untuk berbuat sesuatu? Nah itu artinya kamu sudah cukup akrab dengan hal – hal persuasif. Itu berarti pula teks persuasi bukan lagi hal yang asing bagi kehidupan kamu sehari – hari.

Bahkan, kemampuan untuk bisa memengaruhi orang (berpersuasi) sangat penting kamu kuasai, misalnya dalam kegiatan berbicara di depan umum.

Dalam bab ini kamu akan memahami dan menelaah struktur teks persuasi. Dengan begitu, kamu pun akan mudah  pula dalam mempersuasi orang lain, untuk bersama – sama berbuat sesuatu yang bermanfaat tentu saja.

Pengertian Teks Persuasi adalah sebagai berikut.

Teks persuasi adalah suatu teks yangb berisi ajakan. Pernyataan – pernyataan di dalam teks persuasi mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan – keinginan penulis. Sebagai tulisan yang bersifat ajakan, pernyataan – pernyataan dalam teks persuasi cenderung “mempromosikan” sesuatu yang diperlukan pembaca yang didasari oleh fakta & opini.

Contoh fakta & opini :

  • Penyebab orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain pola makan yang tidak teratur.
  • Banyak oknum tidak bertanggung jawab yang meminta sumbangan mengatasnamakan korban bencana alam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *