TEKS DESKRIPSI P-11

Assalamualaikum, anak-anak setelah kemarin kita belajar cara mengidentifikasi dan menyampaikan informasi teks deskripsi dengan benar. Telah kita ketahui bahwa dengan mengindentifikasi kita dapat menemukan pengertian dan ciri-ciri dari sebuah teks, terutama teks deskripsi. Nah, pada pertemuan kali ini kita akan menelaah struktur dan kaidah bahasa yang ada di teks deskripsi. Seperti apa bentuknya kalian bisa lihat penjelasan di bawah ini.

Minggu lalu kita meilhat dua contoh teks deskripsi mengenai tempat wisata tang ada di Indonesia salah satunya MONAS dan GEDUNG SATE. Nah, jika diperhatikan kedua teks tersebut tentunya memiliki pola penjelasan yang hampir serupa. Jika belum menemukan apa yang sama, coba perhatikan paragraf pertama dan kedua pada kedua teks deskripsi tersebut. Kedua teks tersebut memiliki pola pengembangan paragraf yang sama, dimana paragraf awal menginformasikan tempat dan yang kedua menjelaskan tempat. Contohnya seperti di bawah ini.

Jika diperhatikan ternyata paragraf dinamakan identifikasi dan sisa paragraf lain adalah deskripsi. Sampai di sini Ibu harap kalian paham, jika tidak boleh ditanyakan di kolom komentar maupun di grup WA. Paragraf yang berisikan Identifikasi dan deskripsi itu disebut STRUKTUR TEKS atau PONDASI TEKS deskripsi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *