Surat Pribadi& Surat Dinas 3.11 Pertemuan Daring 1

MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Materi Pokok              : Surat Pribadi & Surat Dinas

Jumlah Pertemuan      : 4  x Pertemuan

Kelas/Semester           : VII / Genap

KOMPETENSI DASARTujuan Pembelajaran
3.11Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.  1. Setelah siswa  mencari dan mengamati contoh  surat pribadi dan surat dinas dari internet / buku pelajaran, bahan ajar lain, dan mendiskusikannya, siswa dapat menyimpulkan pengertian dan  ciri umum surat pribadi dan surat dinas dari teks yang dibaca / didengar.Setelah siswa mencari dan mengamati langkah – langkah menyimpulkan isi surat pribadi dan  dari internet / buku pelajaran, bahan ajar lain dan mendiskusikannya siswa dapat menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

2. Setelah siswa mencari dan mengamati langkah – langkah menyimpulkan isi surat pribadi dan  dari internet / buku pelajaran, bahan ajar lain dan mendiskusikannya siswa 2dapat menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

4.11Menyimpulkan isi ( kabar, keperluan, permintaan, dan atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

PERINCIAN MATERI

A. Pengertian Dan Ciri Umum Surat Pribadi & Surat Dinas

Pernahkan kamu menulis surat? Tahukah kamu bahwa surat dapat digunakan untuk mengungkapkan aspirasi, misalnya surat untuk Lurah, Camat, Walikota, Gubernur, bahkan Presiden. Selain mengungkapkan aspirasi, surat dapat digunakan untuk mengekspresikan rasa rindu kepada teman yang jauh. Jika kamu pengurus OSIS, surat penting untuk korespodensi dengan sekolah dan instansi lain. Oleh sebab itu, Kamu perlu berlatih memahami, menelaah, dan menulis surat.              

  • Pengertian    Surat Pribadi

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi  tulis (surat – menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai  pribadi  bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan / kedinasan/ resmi.

Menulis surat pribadi sebenarnya lebih sulit karena perlu memperhatikan hal – hal diluar aturan kebahasaan bahasa Indonesia. Dalam surat pribadi ini, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu etika atau sopan santun santun, terutama kepada orang dewasa / baru dikenal.

  • Pengertian Surat Dinas

Surat dinas  adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal (resmi). Surat dinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang ‘berbunga-bunga”. Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap.

  • Ciri – ciri Surat Pribadi
  1. Surat pribadi adalah bentuk komunikasi interaktif antara orang pertama (pengirim) dengan  orang kedua (penerima).
  2. Isi surat pribadi berkaitan dengan masalah pribadi, seperti menanyakan kabaR, keperluan pribadi, dan tujuan komunikasi pribadi lainnya.
  3. Pilihan kata sapaan bersifat pribadi (kata emotif dan ekspresif).
  4. Bahasa tidak formal (resmi) tetapi tetap santun.
  5. Pilihan ragam bahasa tergantung kepada siapa penerima surat.
  6. Menggunaan sapaan (seperti orang bercakap).
  • Ciri – ciri Surat Dinas
  1. Surat dinas berisi tentang keperluan kedinasan yang bersifat resmi.
  2. Surat dinas hanya boleh ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu.
  3. Seseorang atas nama individu tidak diperbolehkan menulis surat dinas karena pada surat dinas ada kepala surat dan nomor surat.
  4. Isi surat berkaitan dengan topik kedinasan, misalnya undangan rapat, pemberitahuan informasi, izin peminjaman tempat, dan sebagainya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *