Sistem Gerak Manusia

Assalamu’alaikum, semangat pagi sobat juara sekalian. Apakabarnya dipagi hari ini? semoga tetap semangat ya. Kita sering sekali mendengar kata semangat ya, misalkan Ayo semangat, kamu pasti bisa …. dan lainnya. Apa sih semangat itu. Kalau melihat KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) semangat itu bisa diartikan  kekuatan (kegembiraan, gairah) batin, atau perasaan hati.

Sobat juara terasa ya kalau kita semangat maka kita akan sangat enerjik untuk beraktifitas. Tapi bukan hanya itu, ternyata kalau kita awalnya kurang atau tidak semangat, akan berubah menjadi semangat dengan terus beraktifitas atau bergerak. So, ayo kita isi hari kita dengan banyak aktifitas.

Manusia bisa bergerak, sebagai salah satu ciri dari mahluk hiodup sebagaimana hewan dan tumbuhan yang pernah kita bahas sebelumnya. Gerak tubuh manusia melibatkan sebuah sistem organ yaitu sistem organ gerak dalam tubuh manusia. Sistem gerak manusia ditopang oleh alat gerak yang terdiri dari tulang/rangka sebagai alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak pasif.

Tulang atau rangka

Kerangka tubuh manusia terletak di dalam tubuh ditutupi oleh kulit dan daging sehingga disebut rangka dalam.

Rangka manusia terdiri dari ± 206 ruas tulang yang memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi. Tulang-tulang penyusun rangka dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang pembentuk tubuh dan tulang anggota gerak.

Anggota gerak dikelompokkan menjadi anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Tulang anggota gerak atas terdiri dari lengan, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan dan tulang jari tangan. Tulang anggota gerak bawah terdiri dari tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki dan tulang jari kaki

Fungsi Rangka pada Manusia
Kerangka pada tubuh manusia mempunyai beberapa fungsi utama, yaitu sebagai berikut :

  • Penegak tubuh
  • Pembentuk tubuh
  • Tempat Melekatnya otot
  • Tempat terjadinya proses pembentukan sel darah merah
  • Alat gerak pasif

Kerangka pada manusia bisa dibagi ke dalam 3 kelompok yakni : Bagian tengkorak, Bagian badan, serta Bagian anggota gerak.

1. Bagian Tengkorak
Bagian tengkorak pada sistem gerak manusia tersusun atas tulang-tulang pipih yang menjadi tempat terjadinya proses pembentukan sel-sel darah merah dan putih. Bagian tengkorak pada manusia terdiri dari:

Masing-masing tulang tersebut berjumlah 2 buah kecuali tulang lidah, tulang tengkorak, dan tulang dahi (1 buah)

2. Bagian Badan
Bagian rangka badan pada manusia dipisahkan ke dalam 5 kelompok yakni Ruas-ruas tulang belakang, Tulang rusuk, Tulang dada, Gelang bahu, dan Gelang panggul.

3. Bagian Anggota gerak
Bagian ini juga terbagi lagi ke dalam 2 bagian yakni sebagai berikut :

  • Anggota gerak atas
    Anggota gerak ini terdapat pada tangan kanan dan tangan kiri
  • Anggota Gerak Bawah
    Untuk anggota gerak bawah tentunya merupakan rangka penyusun kaki kanan dan kiri

Jenis-jenis tulang

Berdasarkan kepada jenisnya, tulang yang terdapat di dalam tubuh manusia dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Tulang Rawan
Tulang rawan adalah tulang yang disusun oleh sel-sel tulang rawan. Tulang ini sifatnya lentur karena terdapat ruang pada aantar sel tulang rawan. Tulang ini mengandung zat kapur dan zat perekat. Diantara contoh tulang rawan yaitu ujung tulang rusuk, hidung, telinga, trakea, laring, bronkus, dan di antara ruas-ruas tulang belakang.

2. Tulang Keras
Seperti namanya, tulang keras mempunyai tekstur yang lebih padat dan bersifat keras daripada tulang rawan. Jenis tulang ini disusun oleh osteoblas (sel pembentuk tulang). Terdapat banyak zat kapur diantara sel tulang keras dengan sedikit zat perekat. itulah yang membuat jenis tulang ini menjadi keras. Di dalam tulang keras kita bisa menjumpai saluran havers. di dalam saluran havers ini terdapat pembuluh-pembuluh darah. Diantara contoh tulang keras yaitu :  tulang kering, tulang lengan, dan tulang selangka.

Bentuk Tulang

Tulang dibedakan menjadi 3 macam bila didasarkan kepada bentuknya, yakni sebagai berikut :

1.Tulang Pipa
Bentuk tulang ini panjang dan bulat dengan rongga di tengahnya seperti pipa. contoh tulang pipayaitu tulang jari tangan, tulang paha, dan tulang lengan atas.

2. Tulang Pipih
Bentuk tulang ini gepeng atau pipih. contohnya yaitu tulang dada, tulang belikat,dan tulang rusuk.

3. Tulang Pendek
Tulang yang berbentuk bulat dan pendek. contohnya yaitu: ruas-ruas tulang belakang, tulang pergelangan kaki, dan tulang pergelangan tangan. Tulang pipih memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya proses pembentukan sel darah merah dan putih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *