Seni Budaya Proyek BDR

Hai Murid Juara, apa kabarnya nih..? Semoga sehat selalu ya. Kali ini Seni Budaya mau ikutan masuk nih dalam proyek BDR kalian membuat olahan dari hewan ternak. Kalian sudah punya rencana akan bikin apa kan? Jika belum, segera buat ya.
Untuk seni budaya akan mengambil penilaian pada keestetikan layout label kemasan produk. Kalian bisa membuat label kemasan secara digital maupun manual ko. Nah, pastikan desain label kalian bagus, menarik dan indah dipandang mata. Sehingga akan sangat membantu produk tersebut dibeli orang. Di bawah ini ada sebuah artikel menarik tentang pentingnya desain produk.

           Pentingnya Desain Produk untuk Menarik Konsumen

 

Di era globalisasi seperti sekarang di mana situasi persaingan dalam pasar semakin tajam, “estetika” dapat berfungsi sebagai suatu  “perangkap emosional” yang sangat ampuh untuk menarik perhatian para pembeli atau konsumen. Pertarungan produk tidak lagi terbatas pada keunggulan kualitas atau teknologi canggih saja, tetapi juga pada usaha untuk mendapatkan nilai tambah untuk memberikan emotional benefit kepada para konsumen. Salah satu usaha yang dapat ditempuh untuk menghadapinya adalah melalui desain produk.

Daya tarik suatu produk tidak dapat terlepas dari kemasannya karena kemasan merupakan pemicu utama yang langsung berhadapan dengan konsumen. Oleh karena itu, kemasan harus dapat memengaruhi konsumen untuk memberikan respon yang positif, yaitu membeli produk. Desain kemasan produk memang memegang pengaruh yang cukup penting dalam upaya menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan suatu produk.

Itulah mengapa para pebisnis saat ini harus mulai memperhatikan kemasan untuk menambah nilai jual. Apalagi jika produk yang dipasaran semakin banyak jumlah dan jenisnya sehingga  membutuhkan pembeda antara satu produk dengan produk lainnya. Salah satu pembeda yang dimaksud adalah kemasan dan desainnya.

Desain produk harus disesuaikan dengan target pasar yang akan dibidik. Setiap kelas konsumen memiliki karakteristik sendiri. Mulai dari bentuk, warna, grafis, merek, ilustrasi, huruf serta tata letak desain akan berbeda di setiap kelas konsumen. Itulah mengapa desain kemasan harus disesuaikan. Desain kemasan yang baik dari sebuah produk harus dapat tersampaikan dan dimengerti konsumen hanya melalui visual desain tersebut.

Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/desain-produk-berperan-menarik-minat/

 

Perhatikan contoh desain label pada kemasan produk berikut ini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *