Pertemuan Pertama IPS Kelas VII

Belajar IPS di SMP : Sebuah Perkenalan

Setelah 6 tahun belajar di SD, kini giliranmu naik jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu SMP. Apakah belajar di SD dan SMP sama saja atau berbeda? Dari mana kalian mengambil sudut pandang, maka akan ditemukan hal yang bisa jadi sama namun juga mungkin menemukan perbedaannya. Tapi yang pasti, materi pembelajaran yang akan kalian pelajari akan berbeda lho. Selebihnya kalian sendiri yang akan membuatnya sama atau berbeda. Gaya belajar yang akan berbeda? Cara menikmati belajar yang akan berbeda? Atau cara kalian memandang belajar itu sendiri, akan sama atau berbeda.

Nah, IPS seperti yang juga sudah kalian pelajari saat di bangku SD, memiliki cakupan yang luas lho. Tidak seperti halnya di jenjang SMA, pada jenjang SD dan SMP, mata pelajaran IPA juga IPS lebih banyak disampaikan secara TERPADU, atau dengan kata lain tidak terpisah-pisah. IPS itu sendiri merupakan ilmu yang memilki cabang ilmu-ilmu lainnya seperti sejarah, ekonomi, sosiologi, geografi, politik, hukum, antropologi, dll. Di SMP sendiri yang akan kita pelajari bersama adalah 4 cabang yang disebutkan di awal, yakni : sejarah, ekonomi, geografi dan sosiologi. Selebihnya walaupun dipelajari, namun memiliki porsi yang lebih sedikit. Nah, dengan istilah-istilah di atas, apakah kalian malah tambah penasaran dengan apa saja yang dipelajari di dalamnya? Jika ya, Alhamdulillah. Berarti rasa penasaran kalian bisa mendukung semangat belajar kalian. Yess.

Selanjutnya, apa saja ya, yang akan kita pelajari pada mata pelajaran IPS di semester ini khususnya di kelas VII? Yuk lihat tema-tema berikut!

Bab 1 Manusia, Tempat, dan Lingkungan
A. Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang
B. Letak dan Luas Indonesia
C. Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia
D. Dinamika Kependudukan Indonesia
E. Kondisi Alam Indonesia

Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
A. Interaksi Sosial
B. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial
C. Lembaga Sosial

Wow, hanya 2 bab saja dong! InsyaaAllah kalau diawali niat yang lurus, dan motivasi yang benar, maka belajarnya akan terus semangat. Rumus ini tidak hanya berlaku untuk IPS, tapi juga belajar hal apapun kalau adabnya sudah benar, insyaaAllah Allah mampukan.

Biar tambah semangat, yuk, simak video berikut ini ya…

Kalau sudah selesai dengan videonya, kalian juga silakan isi angket berikut ini :

https://forms.gle/U3GVzhCDJisWLguP7

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *