Pertemuan ke-3 IPS “Negara Negara ASEAN bag.2

Bismillahirohmanirohim, Alhamdulillah hari ini kita kembali bertemu di mata pelajaran Ips, oke hari ini kita masih melanjutkan pembahasan mengenai negara-negara ASEAN Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi). Tujuan mempelajari kondisi geografis negara-negara ASEAN agar menambah wawasan interaksi antarruang khususnya di wilayah ASEAN, meningkatkan pengetahuan kalian juga terkait dunia ips. Di pertemuan sebelumnya sudah di bahas 4 negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand) di harapkan kalian sudah baca juga materi power poin sebelumnya. Di pembahasan sebelumnya kalian juga sudah mengetahui bagaimana kondisi geografis dari masing-masing negara tersebut. sekarang kita akan membahas 6 negara selanjutnya ya.

Negara-Negara ASEAN yang akan di bahas di pertemuan ini

BRUNEI DARUSSALAM, Merupakan negara sistem kerajaan. saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan  tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah  sehingga diklasifikasikan sebagai  negara maju. Sementara itu,  Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat islam baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

FILIPINA, merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina, dan pekerja keras ini telah mengembangkan sistem cocok tanam padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakatnya. Filipina dan Indonesia telah lama menjalin hubungan perdagangan. Indonesia
banyak mengekspor minyak bumi mentah, bijih besi, baja, dan aluminium. Sementara itu, Filipina mengekspor gula, kopra, dan hasil pertanian dan perkebunan lain ke Indonesia. Kerja sama kedua negara hingga saat ini telah berkembang dalam hal-hal lain, misalnya perjanjian memberantas terorisme di wilayah kedua negara.

LAOS, Dalam tata pergaulan dengan negara lain, Laos banyak melakukan kerja sama yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi, seperti ekspor dan impor. Di lain pihak, kerja sama yang dilakukan Laos juga sudah lebih berkembang dalam bidang-bidang
lain baik di level regional maupun internasional.

VIETNAM, Bernama resmi republik sosialis Vietnam. Dengan populasi sekitar 84 juta jiwa, Vietnam adalah negara terpadat ke-13 di dunia. Vietnam termasuk di dalam grup ekonomi “Next Eleven“; menurut pemerintahGDP Vietnam tumbuh sebesar 8.17% pada tahun 2006, negara dengan pertumbuhan tercepat kedua di Asia Timur dan pertama di Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2007, menteri keuangan menyatakan pertumbuhan GDP Vietnam diperkirakan mencapai rekor tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir sebesar 8.44%.

MYANMAR, Negara dengan bentuk republik Myanmar adalah negara yang kaya dengan giokbatu permataminyak bumigas alam, dan mineral lain. Ketimpangan pendapatan di Myanmar adalah salah satu yang terlebar di dunia, karena sebagian besar ekonomi dikuasai oleh sebagian orang yang disokong militer.[13] Per 2016, Myanmar menempati posisi 145 dari 188 negara di dunia menurut Indeks Pembangunan Manusia.

KAMBOJA, Perekonomian Kamboja sempat turun pada masa Republik Demokratik berkuasa. Tapi, pada tahun 1990-an, Kamboja menunjukkan kemajuan ekonomi yang membanggakan. Pendapatan per kapita Kamboja meningkat drastis, namun peningkatan ini tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara – negara lain di kawasan ASEAN. PDB bertumbuh 5.0% pada tahun 2000 dan 6.3 % pada tahun 2001. 

Selanjutnya kalian bisa membaca materi lengkap nya di link ini ya, secara garis besar negara asean bagian ke 2 sudah di jelaskan di atas, di power poin kalian bisa baca materi lengkap tentang batas negara, iklim, penduduk dan bentang alam. MATERI PPT

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *