Pertemuan ke-3 “Arti Penting Pancasila dan Nilai Nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan Hidup”

Bismsillahirohmanirohim, Alhamdulillah hari ini kita dapat berjumpa lagi di mata pelajaran ppkn. di pertemuan sekarang kita akan membahas Arti penting pancasila dan Nilai-Nilai Pancasila sebagai dasar negara dan Pandangan Hidup. sebelum ke materi akan disampaikan terlebih dahulu tujuan kalian mempelajari materi. Tujuan pertama adalah supaya kalian memahami dan bisa menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup. untuk bisa menerapkan pancasila sampai level berbangsa dan bernegara tentunya nilai-nilai pancasila itu harus bisa dilaksanakan oleh diri sendiri, keluarga, masyarakat sekitar lalu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sekarang jawab dulu pertanyaan ini ya,

  • seberapa pentingkah nilai-nilai pancasila di terapkan di kehidupan kalian? beserta alasannya
  • Mengapa pancasila harus menjadi dasar kita berkehidupan di Indonesia?

Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya, di harapkan partisipasi aktifnya

Bagi bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa untuk mengatur penyelenggaraan negara. Pancasila sebagai dasar negara memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Kehidupan berbangsa dan bernegara yang diharapkan adalah kehidupan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu,
berdaulat adil dan makmur seperti dinyatakan dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Nilai nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

Kita tentu masih ingat kan si dari kelima pancasila. Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri yang berbeda dari ideologi lain yang ada di dunia. Ciri atau karakteristik yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila, yaitu sebagai berikut.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Mengandung pengakuan atas keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta
beserta isinya. Oleh karenanya, sebagai manusia yang beriman, yaitu meyakini adanya Tuhan yang diwujudkan dalam ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

  1.  Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 

Mengandung rumusan sifat keseluruhan budi manusia Indonesia yang mengakui kedudukan manusia yang sederajat dan sama, mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara yang dijamin oleh negara.

  1. Persatuan Indonesia

Merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi
paham perseorangan, golongan, suku bangsa, dan mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak terpecah-belah oleh sebab apa pun.

  1. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam
    Permusyawaratan Perwakilan

Merupakan sendi utama demokrasi di Indonesia berdasar atas asas musyawarah
dan asas kekeluargaan.

  1. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Merupakan salah satu tujuan negara yang hendak mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. 

1 komentar untuk “Pertemuan ke-3 “Arti Penting Pancasila dan Nilai Nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan Hidup””

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *