Pertemuan 8 PJOK – Pola Makan Sehat, Bergizi dan Seimbang

Assalamualaikum..
apa kabar anak-anak juara?? semoga senantiasa sehat dan tetap bersemangat
siap untuk belajar hari ini yaaa

Sebelum memulai jangan lupa lakukan kegiatan ini ya

Mandi pagi
Sarapan
Solat Dhuha

Keseimbangan Pola Makan Sehat

Manusia hidup tidak saja memerlukan makanan, namun juga butuh minuman, dan cairan yang lainnya. Hal trsebut dapam upaya untuk memberikan keseimbangan dalam metabolisme tubuh manusia. Sebagai contoh, misalnya air yang sangat perlukan di dalam kehidupan. Air akan memberikan keseimbangan dalam pola makan yang sehat, sebab  air mempunyai banyak fungsi dalam tubuh kita, yaitu untuk: a). membangun sel jaringan tubuh, b). membentuk cairan tubuh, c). melarutkan zat-zat di dalam tubuh, d). mengangkut zat-zat makanan dan sisa metabolisme tubuh, serta e). mengatur suhu dalam tubuh.

Selain air, tubuh kita juga memerlukan zat-zat cair yang lainnya. Mungkin teman – teman pernah mendengar istilah vegetarian. Pengertian vegetarian yaitu orang yang tidak makan daging, namun mengonsumsi banyak buah, sayuran, dan hasil tumbuhan yang lain. Karena makanan buah dan sayuran (nabati) sangat sesuai dengan struktur tubuh manusia. Buah dan sayuran akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Untuk memberi keseimbangan pada pola makan yang sehat, dalam kesehariannya, buah dan sayuran sangat dibutuhkan manusia. Buah dan sayuran tersebut banyak mengandung beraneka macam vitamin, mineral, dan air. Supaya zat-zat yang terkandung dalam buah dan sayuran itu tidak terbuang dengan sia – sia, maka sebaikya memperhatikan cara mengonsumsinya. Sebagai contoh, buah dan sayuran itu sebelum dikonsumsi harus dicuci, atau dimasak terlebih dahulu. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga keseimbangan pola makan yang baik adalah kita harus makan dengan teratur. Dikatakan makan yang teratur apabila dilakukan secara rutin, yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam. Makan di pagi hari lebih utama sebab bisa meningkatkan konsentrasi dan prestasi, baik dalam belajar maupun bekerja.

untuk lebih lanjut silahkan bisa buka link

https://www.naganiel.com/2020/04/pola-makan-sehat-bergizi-dan-seimbang.html

Tugas :

Silahkan buat tabel seperti di bawah ini boleh di buku atau berbentuk file Ms.Word dan isi hingga pekan terakhir dibulan ini ya anak-anak, review akan dilakukan setiap hari sabtu yaa, jangan lupa menuliskan NAMA dan KELAS …

Untuk hari pertama boleh dimulai hari ini atau esok hari, penilaian disesuaikan dengan banyaknya tabel yang terisi..

silahkan kirimkan foto/screenshoot TABEL diatas dan kirimkan ke G-drive di bawah ini ya untuk TUGAS hari ini..

https://bit.ly/kirimtugasnyaya-AJ

https://bit.ly/kirimtugasnyayaa_AG

http://bit.ly/kirimtugasnyaya_AF

dan untuk absensi hari ini silahkan langsung klik link di bawah ini

https://bit.ly/Absen_AJ

https://bit.ly/VII_Al-Gharizm

https://bit.ly/VII_Al-Fida_Absen

diingfatkan kembali untuk menuntaskan tugas2 di pekan sebelumnya yang belum terselesaikan yaa

Wassalamualaikum..

salam olahraga !!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *