Pertemuan 2 PJOK – Bola Basket 2

Assalamualaikum
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga senantiasa sehat dan tetap dalam lindungan Allah S.W.T
Baik untuk pertemuan kali ini langsung saja simak paparan dibawah ini ya anak-anak

TEKNIK MENGOPER/MELEMPAR BOLA BASKET

Pemain harus bisa menguasai teknik melempar agar bisa memberikan umpan bola kepada teman satu timnya. Ada beberapa teknik mengoper yang wajib Anda ketahui, mulai dari chest pass hingga melempar bola seperti pemain baseball.

Macam-macam passing sebagai berikut.

a. Operan Dada (Chest Pass)
Chest pass sering dilakukan untuk memberikan operan lurus pada teman satu tim. Pemain memegang bola dengan kedua tangan. Siku tangan ditekuk sehingga bola berada tepat di depan dada. Saat sudah siap, pemain harus segera melemparkan bole ke arah yang dinginkan.

b. Operan di Atas Kepala (Overhead Pass)
Operan ini dilakukan dengan posisi bola berada di atas kepala lalu melemparkannya secara lurus atau melengkung. Teknik ini berguna untuk mengoper jarak jauh, terutama ketika Anda sedang terdesak dan harus melempar bola melewati pertahanan tim lawan.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan memegang bola memakai kedua tangan. Tangan diangkat sampai bola berada di atas kepala, setelah itu baru lakukan lemparan menuju target yang diinginkan.

c. Operan Memantul (Bounce Pass)
Teknik ini berguna untuk mengoper bola jarak pendek dan bisa mengecoh lawan. Caranya, pemain memantulkan bola ke bawah (lantai) dan mengarah ke teman satu timnya. Bola yang memantul tersebut nanti bisa langsung ditangkap oleh pemain lain.

Bounce pass tidak hanya untuk mengoper bola, tetapi juga berguna menghindari hadangan dari tim lawan. Akan tetapi, operan seperti ini harus dilakukan dengan cepat dan arah yang tepat agar tidak bisa direbut oleh tim lawan.

d. Operan Baseball (Baseball Pass)

Sesuai namanya, cara melakukan operan ini mirip seperti pemain baseball saat melempar bola, yaitu dilakukan hanya dengan satu tangan. Baseball pass biasanya dilakukan untuk mengelabui lawan dengan pura-pura akan menembak, tetapi ternyata hanya mengoper bola.

sumber : https://salamadian.com/bola-basket/

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut :

TEKNIK MENANGKAP BOLA BASKET

Menangkap bola dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan, baik dalam keadaan berhenti, berjalan maupun dalam keadaan berlari. Dalam menangkap bola harus diperhatikan bola berada dalam penguasaan.

Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks (santai). Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola.

Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam, yaitu cara menangkap bola basket di atas kepala dan cara menangkap bola basket di depan dada.

Teknik dasar menangkap bola basket tidak terlepas dari teknik dasar mengoper bola basket. Menurut Imam Sadikun (1992:90) teknik menangkap bola dalam permainan bola basket sebagai beirkut:

  • Sikap kaki berdiri kuat dengan dua tangan lurus ke depan dan kedua telapak tangan menghadap ke depan serta jari-jari tangan terbuka (kedua ibu jari tangan saling mendekat).
  • Setelah bola menyentuh ujung jari dan telapak tangan, bawalah bola ke dada dan tahanlah dengan mencengkeram bola yaitu, semua telapak tangan dan permukaan jari-jarinya menempel dengan bola di samping kanan dan kiri.
  • Selanjutnya kuasailah bola dengan baik sambil menunggu gerakan berkutnya (melempar, menggiring atau menembak).

Berikut ini disajikan ilustrasi gambar teknik menangkap bola dalam permainan bola basket:

teknik menangkap bola basket

Jelaskan cara menangkap bola basket? Teknik menangkap bola basket dapat dilakukan di atas kepala dan di depan dada.

Cara menangkap diatas kepala

Berdiri, pandangan mengarah pada datangnya bola. Tangkaplah bola dengan kedua tangan di atas kepala. Usahakan kedua jari-jari tangan dibuka dan rileks saat menangkap bola.

Cara menangkap didepan dada

Berdiri, pandangan mengarah pada datangnya bola. Tangkaplah bola dengan kedua tangan di depan dada. Usahakan kedua jari-jari tangan dibuka dan rileks saat menangkap bola.

sumber : https://www.materiolahraga.com/2019/03/cara-menangkap-bola-basket.html

untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut :

Baik anak-anak sekian untuk pemaparan materi di pekan kedua ini.
Semoga bermanfaat.


Untuk tugas ringannya silahkan klik DISINI yaa

Stay Safe and Stay Healthy !
SALAM OLAHRAGA

Wassalamualaikum.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *