Pertemuan 1 PJOK – Senam Lantai (Sikap Kayang) VII

Assalamualaikum..
apa kabar anak-anak juara?? semoga senantiasa sehat dan tetap bersemangat yaa ☺️
siap untuk belajar hari ini yaaa 🕺

Sebelum memulai jangan lupa lakukan kegiatan ini ya

✅ Mandi pagi
✅ Sarapan
✅ Solat Dhuha
✅ Menggunakan pakaian olahraga dan sepatu (kondisional)

jangan lupa juga untuk melakukan streching/peregangan ya agar mengurangi resiko cedera

Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu cabang dari olahraga senam.

Seperti namanya, senam ini dilakukan di atas lantai, dan kebanyakan gerakannya membutuhkan matras sebagai alat bantu.

Yang bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya cidera atau kecelakaan. Sewaktu melakukan berbagai gerakan yang hampir semuanya bersentuhan dengan lantai.

Pada umumnya, di dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai yang memiliki ukuran 12×12.

Organisasi senam Indonesia diwadahai dalam suatu organisasi yang bernama Persatuan Senam Indonesia atau yang disingkat sebagai Persani.

Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Atas inisiatif dari para tokoh olahragawan se-Indonesia yang menangani serta memiliki keahlian dalam cabang olahraga senam.

Manfaat Senam Lantai

Adapun beberapa manfaat senam lantai yang harus kalian ketahui selain untuk menjaga kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kesehatan tubuh lebih terjaga
  2. Memperbaiki bentuk tubuh yang kurang proposional (membentuk tubuh yang proposional)
  3. Mengurangi berat badan
  4. Tubuh akan menjadi lebih lentur
  5. Sebagai proses dalam pembentukan tubuh (proposional)
  6. Tinggi badan menjadi lebih bertambah
  7. Membantu dalam penguatan dan pertumbuhan tulang
  8. Proses dalam melentukan bahu
  9. Sebagai detoksifikasi
  10. Meningkatkan kepercayaan diri
  11. Membantu merangsang sel-sel pertumbuhan
  12. Melatih badan untuk bergerak lebih lincah
  13. Melatih kesehatan jantung untuk berdetak dengan teratur dan juga kuat
  14. Memelihara kebugaran dan kesegaran tubuh

Sikap Kayang

Sikap Kayang

Sikap kayang merupakan salah satu gerakan dari senam lantai dengan posisi kedua tangan serta kaki bertumpu pada matras dengan posisi tubuh yang terbalik. Kemudian meregang dan juga panggul serta perut diangkat ke atas.

Manfaat dan tujuan dari kayang ini ialah guna meningkatkan kelenturan tubuh. Terutama pada bagian otot perut, kaki, bahu, tangan dan juga pinggang.

Dalam melakukan sikap kayang terdapat dua teknik yang berbeda, yaitu dengan teknik awalan tidur serta teknik awalan berdiri.

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan gerakan kayang dengan menggunakan awalan berdiri:

awalan berdiri
  1. Ambil sikap berdiri tegak serta kaki dengan posisi sedikit terbuka.
  2. Posisi tangan masing-masing berada di samping kaki.
  3. Gerakan tangan secara bersamaan atau dengan satu tangan mengayunkannya ke belakang. Kepala posisinya tengadah lalu badan melenting ke bagian belakang. Pastikan supaya posisi telapak tangan menyentuh atau mendarat pada matras dengan posisi yang benar dan baik.
  4. Untuk kamu yang masih pemula, dapat menggunakan bantuan tembok sebagai penyangga atau dapat pula dengan meminta bantuan kepada teman. Guna membantu menahan pada bagian perut.

Adapaun langkah-langkah untuk melakukan gerakan kayang dengan menggunakan awalan berbaring:

awalan berbaring
  1. Awali dengan gerakan berbaring diatas lantai ataupun matras.
  2. Tekuk kedua lutut, sehabis itu rapatkan kedua tumit pada bagian pinggul.
  3. Tekuk kedua siku tangan, lalu diikuti dengan telapak tangan bertumpu pada matras serta tempatkan ibu  jari di samping telinga.
  4. Lakukan gerakan badan diangkat secara perlahan ke atas, selanjutnya disusul dengan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus.
  5. Terakhir lakukan dengan gerakan kepala masuk diantara kedua tangan.

Cara untuk memberikan bantuan gerakan kayang:

bantuan gerakan kayang
  1. Teman yang akan membantu berdiri di samping orang yang akan melakukan kayang. Selanjutnya melingkarkan tangannya ke dalam pinggang serta turunkan secara perlahan.
  2. Bantuan bisa dilakukan oleh 2 orang dengan masing-masing orang berdiri di samping. Serta saling berpegangan dan pegangan diletakkan tepat dibagian pinggang.

Beberapa kesalahan ketika sedang melakukan sikap kayang:

  1. Tidak melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu yang cukup. Sehingga seringkali akan  mengalami rasa sakit samapi cedera otot sebab otot tertarik setelah melakukan gerakan kayang.
  2. Siku tangan bengkok, sebab kekakuan pada bagian bahu dan juga sendi.
  3. Keseimbangan yang kurang.
  4. Posisi badan yang kurang membusur sebab pada bagian punggung yang kurang lentur dan juga kekakuan pada bagian otot perut.
  5. Upayakan posisi kepala harus pas serta jangan terlalu menengadah.

TUGAS GERAK

  1. Lakukan latihan 10-15 menit gerakan sikap kayang untuk dapat memaksimalkan materi pembelajaran
  2. Kirimkan dokumentasi berupa video gerakan Sikap kayang ke link G-Drive yg dibagikan d grup WA

baik anak-silahkan pelajari materi diatas ya utk pertemuan kali ini, semoga bermanfaat

stay safe and healthy

salam olahraga !!

Wassalamualaikum..

sumber : https://www.yuksinau.id/senam-lantai/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *