Pertemuan 1 PJOK – Senam Lantai (Sikap Lilin) IX

Assalamualaikum..
apa kabar anak-anak juara?? semoga senantiasa sehat dan tetap bersemangat yaa ☺️
siap untuk belajar hari ini yaaa πŸ•Ί

Sebelum memulai jangan lupa lakukan kegiatan ini ya

βœ… Mandi pagi
βœ… Sarapan
βœ… Solat Dhuha
βœ… Menggunakan pakaian olahraga dan sepatu (kondisional)

jangan lupa juga untuk melakukan streching/peregangan ya agar mengurangi resiko cedera

Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu cabang dari olahraga senam.

Seperti namanya, senam ini dilakukan di atas lantai, dan kebanyakan gerakannya membutuhkan matras sebagai alat bantu.

Yang bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya cidera atau kecelakaan. Sewaktu melakukan berbagai gerakan yang hampir semuanya bersentuhan dengan lantai.

Pada umumnya, di dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai yang memiliki ukuran 12Γ—12.

Organisasi senam Indonesia diwadahai dalam suatu organisasi yang bernama Persatuan Senam Indonesia atau yang disingkat sebagai Persani.

Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Atas inisiatif dari para tokoh olahragawan se-Indonesia yang menangani serta memiliki keahlian dalam cabang olahraga senam.

Manfaat Senam Lantai

Adapun beberapa manfaat senam lantai yang harus kalian ketahui selain untuk menjaga kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kesehatan tubuh lebih terjaga
  2. Memperbaiki bentuk tubuh yang kurang proposional (membentuk tubuh yang proposional)
  3. Mengurangi berat badan
  4. Tubuh akan menjadi lebih lentur
  5. Sebagai proses dalam pembentukan tubuh (proposional)
  6. Tinggi badan menjadi lebih bertambah
  7. Membantu dalam penguatan dan pertumbuhan tulang
  8. Proses dalam melentukan bahu
  9. Sebagai detoksifikasi
  10. Meningkatkan kepercayaan diri
  11. Membantu merangsang sel-sel pertumbuhan
  12. Melatih badan untuk bergerak lebih lincah
  13. Melatih kesehatan jantung untuk berdetak dengan teratur dan juga kuat
  14. Memelihara kebugaran dan kesegaran tubuh

Sikap Lilin

Sikap Lilin

Sikap lillin merupakan salah satu dari gerakan senam lantai yang biasanya dilakukan di atas matras. Dengan kaki yang tegak berada di atas seemntara kepala berada dibawah sehingga akan berbentuk menyerupai lilin.

Tujuan dari sikap lilin ialah guna melatih keseimbangan tubuh serta menjaga tubuh agar tetap sehat. Tak hanya itu saja, sikap lilin merupakan senam lantai dasar untuk senam kategori yang lainnya.

Untuk dapat melakukan gerakan ini diperlukan latihan yang rutin supaya hasil yang diperoleh maksimal. Dan buat kamu yang masih pemula dapat meminta bantuan kepada teman.

Tetapi perlu diingat ya, sebelum melakukan gerakan ini harus dipastikan terlebih dahulu jika kalian sudah melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal tersebut supaya tidak terjadi kecelakaan maupun cedera.

Berikut beberapa langkah untuk melakukan sikap lilin yang benar:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah tidur terlentang dengan kedua kaki lurus. Semenara kedua tangan lurus berada di samping kanan dan kiri badan.
  2. Pandangan lurus ke atas. Setelah itu angkat kedua kaki dan juga pinggul dibantu dengan menggunakan kedua tangan untuk mendorong kaki ke atas.
    Kaki harus rapat serta didorong dengan menggunakan tangan yang berbentuk seperti siku. Pastikan kaki dan juga pinggul kalian lurus, setelah itu atur dan jaga keseimbangannya.
  3.  Ketika sedang melakukan pendaratan atau yang simplenya menurunkan kaki harus dilakukan secara pelan pelan. Hal tersebut berguna supaya tidak terjadi cedera.

Berikut beberapa cara untuk memberikan bantuan sikap lilin:

bantuan sikap lilin
  1. Orang yang akan membantu posisinya berada di samping atau dapat juga di depannya untuk sealnjutnya membantu mengangkat kedua kaki temannya serta menahannya.
  2. Pegang pergelangan kaki pada waktu meluruskan kedua kaki di atas.

Kesalahan yang sering terjadi pada waktu melakukan sikap lilin:

  1. Pinggang hanya ditopang dengan menggunakan ibu jari.
  2. Kedua kaki cenderung condong kebelakang, sehingga berat untuk ditopang serta tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama.
  3. Kedua kaki cenderung condong ke depan.
  4. Penempatan siku-siku tangan terlalu keluar dari garis lebar badan yang semestinya.
  5. Tidak atau kurang bertumpu kepada pundak.

lakukan latihan 10-15 menit gerakan sikap lilin untuk dapat memaksimalkan materi pembelajaran

baik anak-silahkan pelajari materi diatas ya utk pertemuan kali ini, semoga bermanfaat


Wassalamualaikum

sumber : https://www.yuksinau.id/senam-lantai/

11 komentar untuk “Pertemuan 1 PJOK – Senam Lantai (Sikap Lilin) IX”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *