Pertemuan 1 PJOK – Senam Lantai (Meroda) VIII

Assalamualaikum..
apa kabar anak-anak juara?? semoga senantiasa sehat dan tetap bersemangat yaa ☺️
siap untuk belajar hari ini yaaa πŸ•Ί

Sebelum memulai jangan lupa lakukan kegiatan ini ya

βœ… Mandi pagi
βœ… Sarapan
βœ… Solat Dhuha
βœ… Menggunakan pakaian olahraga dan sepatu (kondisional)

jangan lupa juga untuk melakukan streching/peregangan ya agar mengurangi resiko cedera

Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu cabang dari olahraga senam.

Seperti namanya, senam ini dilakukan di atas lantai, dan kebanyakan gerakannya membutuhkan matras sebagai alat bantu.

Yang bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya cidera atau kecelakaan. Sewaktu melakukan berbagai gerakan yang hampir semuanya bersentuhan dengan lantai.

Pada umumnya, di dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai yang memiliki ukuran 12Γ—12.

Organisasi senam Indonesia diwadahai dalam suatu organisasi yang bernama Persatuan Senam Indonesia atau yang disingkat sebagai Persani.

Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Atas inisiatif dari para tokoh olahragawan se-Indonesia yang menangani serta memiliki keahlian dalam cabang olahraga senam.

Manfaat Senam Lantai

Adapun beberapa manfaat senam lantai yang harus kalian ketahui selain untuk menjaga kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kesehatan tubuh lebih terjaga
  2. Memperbaiki bentuk tubuh yang kurang proposional (membentuk tubuh yang proposional)
  3. Mengurangi berat badan
  4. Tubuh akan menjadi lebih lentur
  5. Sebagai proses dalam pembentukan tubuh (proposional)
  6. Tinggi badan menjadi lebih bertambah
  7. Membantu dalam penguatan dan pertumbuhan tulang
  8. Proses dalam melentukan bahu
  9. Sebagai detoksifikasi
  10. Meningkatkan kepercayaan diri
  11. Membantu merangsang sel-sel pertumbuhan
  12. Melatih badan untuk bergerak lebih lincah
  13. Melatih kesehatan jantung untuk berdetak dengan teratur dan juga kuat
  14. Memelihara kebugaran dan kesegaran tubuh

MERODA

Meroda (Cart Wheel)

Meroda merupakan suatu gerakan ke samping dalam senam lantai. Pada waktu bertumpu dengan menggunakan kedua tangan dengan kaki yang terbuka lebar.

Meroda bisa dilakukan dengan menggunakan awalan ke kiri atau ke kanan, terserah sesuai dengan bagaimana posisi yang menurut kalian enak. Gerakan meroda akan membutuhkan koordinasi gerak yang baik dan akurat.

Berikut beberapa langkah untuk melakukan gerakan meroda:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan berdiri tegak serta kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Kemudian buka kaki selebar bahu sedangkan kedua tangan lurus ke atas dan membentuk huruf V.
  3. Jatuhkan badan ke arah kiri sembari meletakkan telapak tangan kiri ke atas matras.
  4. Angkat kaki yang kiri lurus ke atas.
  5. Selanjutnya, taurh tangan kanan di samping tangan kiri.
  6. Angkat kaki kanan lurus ke atas sedangkan kaki kiri juga mulai turun kembali.
  7. Angkat tangan kiri diikuti dengan kaki kiri.
  8. Kembali ke posisi awal saat berdiri tegak.

Berikut beberapa cara untuk memberikan bantuan untuk melakukan cart wheel :

  1. Satu orang teman akan memberikan pertolongan dengan cara berdiri di belakang orang yang nantinya akan melakukan gerakan meroda.
  2. Pada waktu badan dan juga kedua kaki yang melakukan meroda terangkat ke atas. Maka si teman akan dengan cepat memegang kedua sisi pinggulnya
  3. Diikuti dengan melakukan gerakan meroda ke samping. Serta teman yang membantu tetap memegang kedua sisi pinggulnya hingga kedua kaki menumpu di lantai.

Kesalahan yang sering kali terjadi pada saat melakukan meroda:

  1. Hentakan atau lemparan kaki yang kurang kuat.
  2. Hentakan atau lemparan kaki bergerak ke arah depan, yang dimana seharusnya ke arah atas.
  3. Penempatan tangan pertama di lantai yang terlalu dekat dengan kaki tolakan.
  4. Sikap badan kurang melenting.
  5. Kedua siku yang dibengkokan.

TUGAS GERAK

  1. Lakukan latihan 10-15 menit gerakan sikap meroda untuk dapat memaksimalkan materi pembelajaran
  2. Kirimkan dokumentasi berupa video gerakan meroda ke link G-Drive yg dibagikan d grup WA

baik anak-silahkan pelajari materi diatas ya utk pertemuan kali ini, semoga bermanfaat

stay safe and healthy

salam olahraga !!

Wassalamualaikum..

sumber : https://www.yuksinau.id/senam-lantai/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *