Pertemuan 1 PJOK – Bola Voli 1

Assalamualaikum
Apa kabarnya hari ini?
Semoga senantiasa sehat dan tetap dalam lindungan Allah S.W.T
Baik langsung saja disimak pemaparan materi untuk pertemuan pertama ini ya anak-anak

Berikut merupakan gambaran materi yang akan dibahas di BAB 1

SEJARAH BOLA VOLI DUNIA

Berbicara mengenai sejarah bola voli dunia cukup luas, maka akan berbicara mengenai sejarahnya di dunia. Adapun sejarah bola voli di dunia diawali dengan seorang penemu. Adapun penemu bola voli untuk pertama kalinya adalah William G. Morgan. Beliau merupakan instruktur pendidikan jasmani di YMCA (Young Men’s Cristian Association). YMCA ini tampaknya menjadi organisasi telah mengambil andil besar dalam sejarah perkembangan bola voli. Hal ini bisa dilihat dari tersedianya fasilitas olahraga untuk para pemuda pada masa itu, sehingga memungkinkanlah untuk voli terus berkembang.

Seperti yang diketahui bahwa jenis olahraga yang memainkan bola tentu tidak sedikit. Ternyata permainan voli sendiri mengambil inspirasi dari berbagai jenis bola yang telah digunakan sebelumnya pada cabang olahraga lain yaitu bola basket, tenis, bola tangan (hand ball), dan baseball. Namun hal mendasar yang perlu diketahui adalah nama pada bola voli pada awalnya adalah Mintonette. Nama ini kemudian berubah pada tahun 1986 menjadi volley ball hingga saat ini. Pertandingan pertama kali untuk olahraga voli ini juga dilakukan di YMCA.

Mulai bisa diterima dan dipetandingkan, tidak pelak membuat olahraga voli kemudian berkembang ke penjuru dunia lainnya. Pada tahun 1900, olahraga voli ini masuk ke beberapa negara seperti Kanada dan Amerika. Hingga secara resmi di tahun 1947 terbentuklah Federasi di tingkat Internasional yang kemudian diberi nama Federation Internationale de Volleyball (FIVB). Setelah terbentuk, maka secara perdana kejuaraan tingkat dunia dilakasanakan dua tahun sesudahnya (pada tahun 1949).

SEJARAH BOLA VOLI INDONESIA

Penjajahan yang terjadi di Indonesia tampaknya mengambil andil besar dalam sejarah bola voly, terkhusus untuk negara Indonesia sendiri. Hal ini terbukti dari dikenalnya bola voly dikarenakan penjajahan Belanda yang saat itu menguasai Indonesia. Tepatnya pada tahun 1928, permainan voli ini dimainkan oleh kaum penjajah dari Belanda dan juga golongan bangsawan.

Saat itu, upaya memajukan olahraga voli dilakukan dengan cara mendatangkan pelatih-pelatih dari Belanda. Selain pelatih-pelatih profesional yang didatangkan untuk mengembangkan bulu tangkis, ternyata pada saat itu peran tentara pun cukup besar dalam upaya pengembangan permainan ini. Hal ini dilakukan dengan cara seringnya mereka memainkannya di asrama-asrama mereka. Tidak sampai pada latihan semata, para tentara juga sering melakukan kompetisi antar kompeni.

Tidak butuh waktu lama dalam perkembangan olahraga voli di Indonesia. Hal ini tebukti dengan banyaknya klub-klub yang bermunculan di berbagai kota besar Indonesia. Melihat perkembangannya yang pesat, maka tidak lengkap rasanya tanpa memiliki satu organisasi nasional yang bisa menyatukan dan menaungi olahraga voli yang ada di Indonesia.

Untuk itu, secara resmi pada tanggal 22 Januari 1955 berdirilah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang berlokasi di ibukota Jakarta. Tidak butuh waktu lama, karena bersamaan dengan waktu itu langsung diadakan kejuaraan tingkat nasional yang pertama.

sumber : https://perpustakaan.id/sejarah-bola-voli/

Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di video berikut :

baik anak-anak itulah pemaparan materi untuk pertemuan kali ini, semoga bermanfaat ya.

untuk tugas ringannya bisa klik DISINI anak-anak

Stay Safe and Stay Healty !
SALAM OLAHRAGA !!

Wassalamualaikum

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *