Pertemuan 1 PJOK – Bola Basket 1

Assalamualaikum..
Apa kabarnya hari ini?? semoga senantiasa sehat dan tetap dalam lindungan Allah S.W.T.
Langsung saja untuk gambaran di BAB pertama silahkan disimak ya anak-anak pemaparan di bawah.

gambaran materi BAB 1

Untuk mengetahui lebih jauh tentang materinya silahkan bahan literasinya untuk disimak baik-baik ya

SEJARAH BOLA BASKET

Basket adalah permainan yang diciptakan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith di sekitar tahun 1891. Saat itu, James ingin membuat sebuah permainan yang bisa dimainkan oleh muridnya dalam ruangan tertutup selama musim dingin.

James terinspirasi dari permainan masa kecilnya dan mulai menciptakan olahraga basket. Basket ciptaan James tentunya jauh berbeda dari yang sekarang. Saat itu, James hanya membuat beberapa aturan dasar agar bisa diterima oleh banyak orang.

Beberapa aturan yang diterapkan saat itu adalah setiap tim terdiri dari sembilan orang dan tidak adanya teknik dribble. Jadi, saat itu penggiringan hanya dilakukan dengan cara melempar bola.

Seiring dengan berjalannya waktu, pemainan ini terus berkembang dan mulai dinamakan sebagai basketball. Permainan ini pun menyebar di Amerika dan terus berkembang pesat sampai sekarang.

Untuk di wilayah Asia, Cina termasuk salah satu negara pertama yang mulai mengenal olahraga basket selain Jepang dan Filipina. Pada tahun 1920-an, orang-orang Cina merantau ke Indonesia dan secara tak langsung ikut memperkenalkan olahraga basket.

Pada tahun 1930-an, perkumpulan-perkumpulan basket mulai bermunculan di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, hingga Medan. Basket kemudian semakin berkembang pesat setelah Indonesia merdeka di tahun 1945.

Sumber : https://salamadian.com/bola-basket/

SEJARAH BOLA BASKET DI INDONESIA


Permainan bola basket telah menyebar di seluruh penjuru dunia. Salah satunya pun telah masuk di permainan olahraga Indonesia. Sejarah di negeri yang subur akan kekayaan alamnya pun cukup panjang. Pemainan ini masuk melalui perantau-perantau dari Cina sekitar tahun 1920an. Para perantau ini membawa permainan ini yang sudah terlebih dahulu berkembang di negara kincir angin ini.

Permainan bola basket awalnya di mainkan oleh komunitas mereka termasuk mendirikan sekolah yang bernama Tionghoa. Permainan bola basket yang masuk di bidang olahraga pun menjadi permainan wajib yang harus dimainkan oleh siswa disana. Tidak mengherankan jika kebanyakan dari pemain basket yang terkenal pun bersal dari sekolah Tionghoa.

Sejarah bola basket di Indonesia telah ada sejak 1930an. Meskipun bangsa indonesia belum menjadi negara merdeka. Setelah negara merdeka, permainan ini mulai dikenal luas di Indonesia terutama di perkotaan. Permainan bola basket dimainkan ditingkat nasional yaitu pada tahun 1948 di Solo pada ajang Pekan Olahraga Nasional I (PON I). Meskipun penyelenggaraan ini belum memiliki induk olahaga nasional.

Tanggal bersejarah bagi Indonesia mengenai permainan ini yaitu pada tanggal 3 april 1982. Pada hari itu, di Indonesia ada pertandingan antara Rajawali Jakarta dengan Semangat Sinar Surya Yogyakarta. Pertandingan inilah menjadi awal mulanya kompetisi bola basket pertama kalinya di Indonesia. Klub-klub papan atas pun mulai mengadakan berbagai kompetisi untuk mencetak atlet-atlet berbakat.

Sumber : https://perpustakaan.id/sejarah-bola-basket/

Baik anak-anak untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut :

Untuk tugas ringannya silahkan klik DISINI ya anak-anak

Sekian untuk pertemuan kali ini ya anak-anak
Stay Safe and Stay Healthy !
SALAM OLAHRAGA !
Wassalamualaikum..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *