Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan, dan Umbi (1)

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokaatuh

Bismillahirrohamnirrohim

Anak-anak Juara, ini adalah “pertemuan” pertama kita. Perkenalkan nama bapak adalah Tarudin, boleh dipanggil Pak Taru.

Dengan bapak, kita akan belajar dengan nama mata pelajarannya Prakarya dan Matematika.

Dengan belajar Prakarya di semester 1 ini, nantinya kita diharapkan akan semakin bersyukur kepada Allah, karena dikaruniai nikmat yang besar yaitu tinggal di Negara Indonesia, dimana banyak terdapat bahan makanan yang bisa menjadi makanan pokok kita selain padi (nasi) .

Tujuan lainnya adalah kita bisa mengemukakan pendapat tentang keragaman bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada tuhan dan bangsa indonesia; mengidentifikasi jenis, manfaat, dan teknik pengolahan serta memahami pengertian bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan; merancang pembuatan produk olahan pangan dari bahan serealia, kacang- kacangan, dan umbi  menjadi makanan atau minuman berdasarkan orisinalitas ide yang jujur terhadap diri sendiri; dan membuat, menguji, dan mengomunikasikan karya pengolahan pangan dari bahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi makanan atau minuman sesuai kebutuhan wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.

Sumber belajar yang digunakan adalah Buku Paket Prakarya Kelas VIII edisi 2017. Jika belum ada buku paketnya, silahkan bisa download DI SINI untuk mendapatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam format PDF.

Disamping buku paket, tentu banyak sumber belajar lain yang bisa kita gunakan antara lain internet dan narasumber.

Pada pertemuan pertama kali ini, silahkan membaca buku paket halaman 1 – 8 (jika menggunakan PDF yang dibeirkan) atau jika mengguanakan buku paket Prakarya Kelas VIII Semester 1 edisi 2017 halaman 109 – 116.

Kemudian silahkan menuliskan kembali point-pint yang penting pada buku tulis, hal ini untuk melatih kita menulis menggunakan tangan dan melatih kita mengetahui ide pokok suatu teks yang sangat bermanfaat di pelajaran Bahasa Indonesia.

Kemudian silahkan kerjakan kegiatan Tugas 3 gunakan Lembar Kerja 3 (LK-3) yang ada di buku paket sebagai panduannya dan tuliskan di buku tulis. Tidak usah ke pasar, karena kondisi yang tidak memungkinkan, cukup yang ada di dapur atau di penjual keliling yang lewat di depan rumah.

Jika sudah selesai, silahkan berikan komentar di sini dengan berkomentar “selesai”

Jika ada pertanyaan, silahkan bisa disampaikan di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *