Masa Praaksara di Indonesia_IPS Kelas VII

Apakah manusia berasal dari kera? Apakah nenek moyang kita adalah hasil evolusi dari kera yang berubah menjadi manusia? Yup, dalam bahasan kali ini, yang perlu kita sepakati bersama adalah bahwa:

  1. Manusia pertama adalah Nabi Adam as. (QS Al Baqarah : 30)
  2. Nabi Adam as. sudah dibekali pengetahuan dan ilmu oleh Allah swt sehingga ia sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa tertentu (QS Al Baqarah : 31)
  3. Nabi Idris as adalah Nabi yang Allah beri kelebihan berupa kecerdasan yakni dapat menulis di atas pasir juga dengan pena

dengan fakta tersebut (karena terdapat dalam Al Quran dan hadits), maka meyakini bahwa tidak ada manusia yang terlahir sebagai keturunan kera. Manusia adalah manusia, dan kera adalah kera. Jadi, tidak akan ada pembahasan lebih lanjut ttg jenis-jenis manusia praaksara pada bagian ini ya.

Selanjutnya, penjelasan dan pembahasan berkenaan dengan lapisan bumi yang menceritakan bagaimana makhluk hidup di bumi ada dan berkembang hingga ke nenek moyang Indonesia darimana, maka itu yang akan dibahas.

Pada jam luring ini, silakan kalian membaca informasi tentang bahasan tersebut dari sumber buku paket IPS halaman 193-219. Tulislah hal-hal penting yang diperlukan di buku masing-masing. Pastikan kalian membacanya sebagai bahan pembelajaran pekan depan, insyaaAllah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *