Kalor

Siswa Juara, Semoga semuanya dalam kondisi sehat wal afiat, 
hari ini kita akan mempelajari sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita, pernagkah kalian mempertanyakan, kenapa baju yang basah saat, kemudian dijemur beberapa saat kemudian menjadi kering ? atau pernahkan kalian mempertanyakan dari mana air hujan itu ? atau jika kalian yang suka beli es, pernahkan mempertanyakan embun air disekitar gelas, atau disekitar pelastik dibagian luarnya itu dari mana ?
Nah setelah kita mempelajari apa itu kalor, InsyaAllah kita kan memahami fenomena alam yang terjadi diatas. 
Berikut rangkuman singkat mengenai kalor, setelah kalian mambaca materi ini, dipersilahkan untuk bisa mendalami dari sumber lain, sumber lain yang terdekat adalah buku paket yang kalian miliki.
setelah dirasa cukup dengan informasi yang didapt tentang kalor dipersilahkan untuk mengerjakan tugas diakhir rangkuman ini.

Kalor

Panas atau kalor dalam istilah fisika, adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas adalah joule. Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah.

Suhu benda akan naik jika benda tersebut diberi kalor proses ini dinamakan proses endoterm, sebaliknya suhu benda akan turun jika melepaskan kalor ke lingkungan proses ini dinamakan eksoterm.

Kalor pada perubahan wujud benda

Kalor dapat merubah wujud benda, kita ambil contoh perubahan wujud Air dalam bentuk Es.

saat ada Es Batu kita simpan didalam wadah yang hangat, maka akan terjadi perpindahan kalor dari wadah menuju Es Batu, sehingga Es batu lama kelamaan mencair (proses Edoterm) karena es mendapatkan kalor dari wadah, dan jika kita panaskan menggunakan api, maka lama – lama es yang berwujud padat akan berubah semuanya menjadi berwujud cair, dan lama kelamaan air tersebut akan mendidih dan air pun akan berubah menjadi uap. 

itulah contoh paling dekat dengan kehidupan kita mengenaik kalor dan perubahan wujud benda.

sampai sini apakah sudah terbayang jawaban mengapa baju basah bisa kering saat di jemur ?
Oke benar karena air berubah wujud menjadi uap air, karena air mendapat kalor dari lingkungan (udara ataupun matahari atapun cahaya lampu) 

Perpindahan Kalor

Masih ingatkah kalian, 3 bentuk perpindahan kalor ? materi ini pernah disampaikan saat SD, perpindaan kalor ada 3 bentuk/cara :
1. Radiasi 
2. Konveksi
3. Konduksi

bisakah kalian mengingat kembali pengertian dan contoh perpindahan kalor diatas ?
Silahkan explorasi mandiri ya

Menghitung Jumlah kalor

Nah ini bagian yang menarik, kita kan belajar menentukan jumlah kalor pada perubahan wujud benda. namun sebelum materi ini dijelakan, dipertemuan kali ini kaian explorasi mandiri terlebih dahulu.
ini rangkuman singkat tentang menentukan jumlah kalor

menentukan kalor ada 3 persamaan yang bisa kita gunakan 

1. Q = m. c . (T2-T1)
2. Q = m. L

3. Q = m. U  

Nah sekarang coba kalian cari tahu persamaan diatas itu maksudnya seperti apa.

Oke selamat berexplorasi.. semoga diberi kemudahan. selanjutnya ada tantangan dibawah ini (Tugas)

8 komentar untuk “Kalor”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *