Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu Kingdom dari mahluk hidup yang mencakup organisme yang sudah biasa kita kenal seperti pohon, tanaman herba, semak, rumput, tanaman merambat, pakis, dan lumut.

Melalui fotosintesis, mereka mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen yang kita hirup dan gula yang menyediakan bahan bakar utama untuk kehidupan. Melalui fiksasi nitrogen, tanaman menghasilkan protein yang merupakan dasar kehidupan.

Catatan fosil awal organisme fotosintesis berasal dari sekitar 3 miliar tahun yang lalu. Tumbuhan berperan penting dalam evolusi secara keseluruhan karena mereka menghasilkan oksigen yang memungkinkan kehidupan di Bumi – tidak hanya dengan “menghembuskannya” ke atmosfer dan mengubahnya, tetapi juga dengan menghancurkan batu dengan akarnya, yang menciptakan tanah dan melepaskan nutrisi.

Dalam skala besar, tumbuhan sangat penting bagi keberadaan semua makhluk hidup lainnya di bumi. Baik melalui layanan pendukung kehidupan sistemik yang mereka pertahankan dan makanan, obat-obatan, dan sumber daya material lainnya yang mereka sediakan.

Beberapa Fakta tentang Tumbuhan

Source: The International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) 2007 Red List.

Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan juga melakukan gerak, tetapi gerak yang dilakukan tumbuhan tidak seperti hewan dan manusia. Gerakan pada tumbuhan sangat terbatas, biasanya gerakannya tidak berpindah tempat (kecuali yang bersel satu). Bagaimana cara kita membuktikan bahwa tumbuhan juga melakukan gerak?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *